Ketahuan Jual Chainsaw KW, Polres Mansel Tetapkan AS dan HS Sebagai Tersangka

Kasat Reskrim Polres Mansel, IPTU Otto Woff menunjukan chainsaw yang diamankan dari kedua tersangka

Mansel.M.ID – Polres Manokwari Selatan telah menetapkan dua pria berinisial AT dan HS sebagai tersangka kasus penjualan 57 unit chainsaw palsu (KW) kepada masyarakat di Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan.

Kapolres Manokwari Selatan, AKBP Slamet Haryono, SH melalui Kasatreskrim Polres Manokwari Selatan, Iptu Otto Woff, SH mengungkapkan penetapan keduanya menjadi tersangka setelah penyidik dari Polres Mansel mencari informasi kepada pemegang hak paten chainsaw merek STIHL.  Dari pihak tersebut didapati bahwa yang dijual oleh AT dan HS merupakan barang palsu (tiruan).

“Perusahaan STIHL yang berpusat di Stugart Jerman, perusahan tersebut bekerja sama dengan perusahan di Indonesia memiliki kode tertentu, sehingga setelah dilakukan pemeriksaan terhadap saksi ahli (pemegang lisensi) ternyata barang tersebut palsu,” ungkap Woff kepada wartawan senin (28/7).

Selanjutnya kata Woff kedua tersangka mendatangkan Chainsaw tersebut dari Manado sebanyak  60 unit dan terjual 57 unit, sisa yang belum terjual sebanyak  3 unit yang saat ini sudah diamankan di Polres Mansel.

Terbongkarnya kasus ini, dijelaskannya setelah salah satu warga Oransbari membeli 5 unit chainsaw kepada kedua tersangka. Namun selang 1 minggu 2 unit chainsaw mengalami kerusakan, sehingga warga tersebut berinisiatif membuka bagian mesin.

“Setelah dibuka rupanya barang tiruan (KW) bisa nomor dua dan tiga. Si pembeli akhirnya melaporkan kasus tersebut ke Polsek Oransbari dan saat ini kasusnya sudah ditangani kita di Polres Mansel,” terang Mantan Kapolsek Ransiki ini.

Dalam kesempatan ini, Woff juga menerangkan bahwa keduanya menjual chainsaw KW tersebut dengan harga Rp 5.500.000,-. Sementara harga stadart chainsaw STIHL yang asli mencapai Rp 14.000.000,- di Jakarta, apabila di Manokwari harganya mencapai Rp 20.000.000,- .

Selain kedua tersangka, ada dua orang lain yang melakukan penipuan dengan modus yang sama. Namun kedua orang tersebut saat ini melarikan diri keluar Mansel.

[YM4]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here