Kampanye Tatap Muka dan Pertemuan Terbatas Pilkada Boleh Digelar Asal Terapkan Protokol Kesehatan

Manokwari.M.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari, Abdul Muin Salewe menegaskan kampanye metode tatap muka dan pertemuan terbatas dalam rangka Pilkada Serentak 2020 boleh dilaksanakan. Namun, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.
“Sebagaimana diatur dalam PKPU 6 Tahun 2020, semua tahapan mengedepankan protokol kesehatan termasuk Kampanye,” ujarnya, Selasa (18/8/2020)
Lanjut Muin Peraturan KPU tentang kampanye saat ini sedang diajukan oleh KPU RI kepada DPR RI, berkaitan dengan pandemi Covid-19.
Namun, untuk pertemuan terbatas dan tatap muka maksimal hanya boleh didatangi 50 sampai 60 persen dari kapasitas tempat atau ruangan. Selain itu, untuk kegiatan kampanye tatap muka juga harus mengantongi rekomendasi dari gugus tugas atau satgas penanganan Covid-19.
“Terkait dengan Pertemuan terbatas dan tatap muka kami harus tetap memperhatikan jaga jarak, dan protokol kesehatan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19,” katanya.
Seperti diketahui, Bab VI dalam PKPU 6 tahun 2020 yang menjelaskan terkait Kampanye, Disebutkan, Kampanye Pemilihan Serentak Lanjutan, dapat dilaksanakan dengan metode pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, debat publik atau debat terbuka antar-Pasangan Calon.
Selanjutnya, penyebaran bahan Kampanye kepada umum, pemasangan Alat Peraga Kampanye, penayangan Iklan Kampanye di media masa cetak, media masa elektronik, dan Lembaga Penyiaran Publik atau Lembaga Penyiaran Swasta; dan/atau, dan kegiatan lain yang tidak melanggar larangan Kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan.
(TRY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here