Dukungan Capai 3.418, Hendrik Mambor-Andi Kayukatui Penuhi Syarat Maju Pilkada Wondama

Pasangan Hemat usai dinyatakan memenuhi syarat dukungan calon perseorangan oleh KPU Kabupaten Teluk Wondama

Wasior.M.ID – Bakal pasangan calon independen Hendrik Mambor-Andarias Kayukatui (HEMAT) dinyatakan memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Teluk Wondama tahun 2020.

Dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Dukungan Perbaikan Bakal Calon Perseorangan tingkat kabupaten yang digelar KPU Teluk Wondama, Jumat (21/8/2020) di Wasior, jumlah dukungan pasangan HEMAT yang dinyatakan memenuhi syarat adalah sebanyak 1.556 dukungan.

Karena sebelumnya pada tahapan penyerahan dukungan awal, jumlah dukungan pasangan HEMAT yang dinyatakan memenuhi syarat adalah sebanyak 1.862 dukungan maka keseluruhan jumlah dukungan akhir pasangan HEMAT yang memenuhi syarat mencapai 3.418 dukungan.

Jumlah tersebut telah melampui syarat minimal dukungan bakal paslon perseorangan yang ditetapkan KPU Teluk Wondama yakni sebanyak 2.591 dukungan.

“Berdasarkan hasil di atas, bakal pasangan calon perseorangan Hendrik Mambor- Andarias Kayukatuy dapat melakukan pendaftaran, “ ujar Ketua Devisi Hukum KPU Teluk Wondama Julian Madiowi saat membacakan berita acara hasil rekapitulasi dukungan bakal paslon perseorangan.

Dengan demikian pasangan Mambor-Andi menjadi orang pertama di Wondama yang berhasil maju dalam Pilkada melalui jalur independen. Hal itupun menjadi sejarah baru dalam pentas perpolitikan di kabupaten berjuluk Tanah Peradaban Orang Papua itu.

Sejak berdiri pada 2013, Kabupaten Teluk Wondama telah menyelenggarakan 3 kali Pilkada. Sepanjang itu pula belum pernah ada pasangan independen yang ikut masuk dalam konstestasi politik daerah itu.

Pasangan Mambor-Andi menyatakan keberhasilan mereka mendapatkan tiket Pilkada 2020 terjadi berkat campur tangan Tuhan. Karena itu Mambor mengajak semua relawan dan pendukungnya untuk bersyukur kepada Tuhan atas capaian itu.

Di sisi lain mantan Kepala Bappeda Wondama itu mengaku ada hikmah tersendiri yang diperoleh dari keberhasilan mereka lolos tahapan verifikasi KPU sehingga bisa melangkah ke tahapan pendaftaran.

“Saya bersama Pak Andi bersama the founding fathers lainnya (dulu) kami membuat sejarah membentuk kabupaten teluk Wondama. Dan untuk hari ini kami membuat sejarah lagi, mengedukasi masyarakat bahwa Pilkada bukan hanya dari jalur lain (partai) tetapi bisa juga lewat KTP, “ ujar Mambor usai rapat pleno.

“Saya selalu katakan bahwa rakyat bisa mengusung calonnya dan rakyat bisa memenangkan calonnya. Itu hikmah yang kami peroleh hari ini, “ ujar pria yang kini menjabat sebagai tenaga ahli Gubernur Papua Barat itu. (Rex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here