Dinyatakan Tak Lolos, Bawaslu Persilahkan David dan E.A Poceratu Ajukan Gugatan

Ketua Bawaslu Mansel, Inggrid Sabubun

Mansel.M.ID – KPU Manokwari Selatan menolak dokumen perbaikan bakal calon Bupati dan wakil bupati Manokwari Selatan dari jalur perseorangan David Towansiba dan E.A Poceratu. Hal ini setelah dalam rapat pleno KPU Mansel selasa (28/7/2020) dokomen perbaikan syarat dukungan keduanya dinyatakan tidak lengkap (tidak memenuhi syarat dukungan).

Terkait hal ini, Ketua Bawaslu Mansel, Inggrid Sabubun mengungkapkan pihaknya memberikan waktu tiga hari sejak penetapan KPU apabila David Towansiba dan E.A Poceratu akan menempuh jalur hukum dengan membuat pengaduan sengketa pilkada kepada Bawaslu.

“Jadi kalau informasi dari bapaslon mereka akan tempuh jalur hukum, dalam arti mereka akan mengajukan permohonan sengketa ke Bawaslu Manokwari Selatan. Artinya mereka mau menempuh jalur hukum, menempuh dengan cara mengajukan permohonan sengketa, silahkan,”kata Inggrid Sabubun kepada awak media di KPU Mansel selasa (28/7/2020).

Bawaslu menurutnya sesuai aturan yang berlaku akan menunggu pasangan David Towansiba dan E.A Poceratu mengajukan permohonan sengketa tersebut. Namun ditegaskannya waktunya hanya 3 hari, apabila baru diadukan setelahnya maka Bawaslu akan menolak pengaduan tersebut.

“Mereka tidak terima terhadap hasil ini tetapi kan harus lebih secara detail bahwa tidak menerima hasil ini karena apa. Jadi Bawalsu Mansel menunggu tiga hari kedepan, jika tim pemenangan, atau tim dari bakal calon perseorangan ini tidak menerima hasil pleno dari pada sore hari ini (28/7/2020) untuk ajukan sengketa,” tutur Inggrit.

[YM4]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here