Diduga Langgar Kode Etik, DKPP Akan Sidang KPU Manokwari

Kantor KPU Manokwari (IST)

Manokwari.M.ID – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu terhadap lima komisioner KPU Manokwari sebagai Teradu I sampai V. Kelima komisioner itu adalah Abdul Muin Salewe, Aplena AL Rumaikewi, Herry Lolo, Fahry Rafly, dan Frantiano Rahawarin.

Sidang akan dipimpin Anggota DKPP bersama Tim Pemeriksa Daerah Papua Barat di Kantor KPU Papua Barat mulai pukul 08.30 WIT, Jumat (18/09/2020). Demikian keterangan pers DKPP yang diterima papuakini, Kamis (16/09/2020) malam.

Para teradu itu diadukan pengadu Ronald Mambiew dan Reineke Exonia Musa, yang memberikan kuasa ke Habel Rumbiak. Pengadu pada pokok aduannya mendalilkan bahwa teradu tidak melakukan pengecekan jumlah dukungan dokumen pencalonannya sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari melalui jalur independen.

Para teradu juga didalilkan tidak mengindahkan surat Bawaslu perihal akses informasi pencalonan bakal calon bupati dan wakil bupati tahun 2020.

Menurut Sekretaris DKPP, Bernad Dermawan Sutrisno, DKPP telah memanggil semua pihak secara patut, yaitu lima hari sebelum pelaksanaan sidang. Sidang ini akan akan ditayangkan langsung via live streaming Facebook DKPP @medsosdkpp dan Youtube DKPP.

(DAI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here