36 Tahun Lalu Diciptakan, Lagu Tanah Papua Akhirnya Resmi Milik Provinsi Papua Barat

Yance Rimbino (68) menerima Kompensasi dan penghargaan atas lagu ciptaannya sebesar 500 juta Rupiah dari Pemerintah Provinsi Papua Barat yang diserahkan langsung oleh Gubernur Dominggus Mandacan
Iklan A2https://www.melanesian.id/wp-content/uploads/2020/10/WhatsApp-Image-2020-09-30-at-20.04.53.jpeg

Manokwari.M.ID – Tepat pada HUT Provinsi Papua Barat ke-21 Tahun, Pencipta Lagu Tanah Papua , Yance Rimbino (68) menerima Kompensasi dan penghargaan atas lagu ciptaannya sebesar 500 juta Rupiah dari Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Dari pantauan wartawan, Yance Rumbino terlihat sempat menagis haru dan mengungkapkan, lagu yang dia ciptakan 30 tahun lalu sampai saat ini benar-benar dihargai oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Iklan A2

“Saya menciptakan lagu ini berumur 21 Tahun, saat itu berada di daerah ini menyaksikan langsung bagaimana emas mengalir di sungai. Dan saya meluncurkan lagu Tanah Papua di pada tahun 1985 dan saya berusia 32 Tahun dan sekarang berumur 68 Tahun baru merasakan hasil dari lagu yang saya ciptakan,” tutur pria paruh Baya itu dihadapan hadirin peringatan HUT Papua Barat.

Yance juga mengucapkan terima kasihnya kepada Gubernur Papua Barat dan Kepala kantor wilayah Hukum dan HAM Papua Barat yang telah memberikan pendampingan terhadap hasil karyanya.

“Selama 3 bulan didampingi oleh Bapak Kementrian Hukum dan Ham untuk menyelesaikan administrasi kepemilikan lagu ini sebagai hak intelektual. Puji Tuhan hari ini saya menerima penghargaan dari Bapak Gubernu,” lanjut dia.

Saat ini, Hak cipta lagu Tanah Papua telah resmi menjadi milik Provinsi Papua Barat, dibuktikan dengan sertifikat Hak Cipta Yang diberikan oleh Kementrian Hukum dan Ham Provinsi Papua Barat.

Diakhir kesempatan, Yance Rumbino juga mrnyempatkan diri menyanyikan lagu Tanah Papua dengan beberapa versi bahasa yakni Bahasa Biak, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Sebelumnya, Pemprov Papua Barat melalui Sekretaris Daerah telah memberikan pengumuman di berbagai media cetak, online dan televisi terkait dengan klaim lagu yang telah digunakan sejak berdirinya Provinsi Papua Barat. Hal ini dilakukan untuk mencari siapa pencipta lagu tersebut.

(TRY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here